SUGENG RAWUH DATENG WEBSITE RESMI DESA GEMPOL KECAMATAN KARANGJATI KABUPATEN NGAWI

Artikel

Profil Desa

15 Agustus 2022 17:46:44  Administrator  848 Kali Dibaca 
SEJARAH DESA GEMPOL

Suatu desa atau daerah udah barang tentu memiliki sejarah dan latar belakang sendiri-sendiri sesuai dengan karakteristik dan kulturnya masing-masing yang merupakan pencerminan ciri kas dari suatu daerah. Sejarah desa atau daerah seringkali tertuang dalam dongeng-dongeng yang diwariskan secara turun-temurun dari mulut ke mulut sehingga sulit untuk dibuktikan secara fakta. Dan tidak jarang dongeng tersebut dihubungkan dengan mitos tempat-tempat tertentu yang dianggap keramat. Dalam hal ini desa Gempol juga memiliki hal tersebut yang merupakan identitas dari desa ini yang akan kami tuangkan dalam kisah-kisah di bawah ini.

Dari berbagai sumber yang dapat ditelusuri dan digali tentang asal-usulnya, desa Gempol memiliki banyak versi cerita yang cukup bervariasi. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya tempat yang dikeramatkan atapun kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat yang kemudian dijadikan sebuah nama.

Konon ceritanya, desa Gempol pada jaman nenek moyang merupakan suatu desa yang masyarakatnya sangat rukun. Di perbatasan desa sebelah timur laut tumbuh sebuah pohon Gempol yang sangat besar sekali. Dengan kepercayaan animisme dan dinamisme masyarakat pada waktu itu, pohon itu dianggap keramat sekali. Sehingga banyak warga desa ataupun warga desa lain kalau mempunyai permasalahan bersemedi di bawah pohon itu dengan harapan mendapat wangsit dari Tuhan sehingga bias menyelesaikan permasalahan tersebut. Dan tidak jarang pula warga yang ingin rizkinya lancer juga sesaji di bawah pohon gempol itu. Terutama pada hari malam Jum’at Legi. Lama kelamaan pohon Gempol itu menjadi terkenal. Dengan kesepakatan warga di sekitarnya maka desa itu diberi nama desa Gempol yang sampai sekarang masih tetap digunakan sebagai nama desa.
 
 
 
WILAYAH DESA GEMPOL

Desa Gempol terletak paling timur wilayah Kecamatan Karangjati yang merupakan daerah dataran rendah dengan ketinggian 124 m dari atas permukaan laut. Curah hujan rata-rata 1900 mm/th dan jumlah hari dengan jumlah curah hujan terbanyak adalah 130 hari. Suhu udara antara 31-34o C. desa Gempol memiliki luas wilayah administrative 1845,755 Ha dengan batas wilayah sebagai berikut :

  1. Sebelah utara : Desa Sidorejo
  2. Sebelah Timur : Desa Ringin Anom
  3. Sebelah Selatan : Desa Babadan
  4. Sebelah Barat : Desa Danguk

Desa Gempol merupakan lahan tadah hujan. Ada saluran irigasi tapi tidak berfungsi karena air dari waduk tidak bisa sampai pada desa Gempol. Pola penggunaan lahan di desa Gempol lebih didominasi oleh kegiatan pertanian tanaman pangan yaitu padi, polowijo, jagung pada musin penghujan. Pada musim kemarau para petani hampir 90% menanam tembakau yang merupakan andalan penghasilan masyarakat.

 

PROFIL POTENSI DESA

Secara Geografis desa Gempol terletak dipinggir hutan, dimana jauh dari akses perkotaan, sehingga potensi yang ada adalah potensi yang berkaitan dengan sumber daya alam. Secara ekonomi potensi yang ada hanyalah sebatas pada pedagang kecil.

*Sumber Daya Alam, Sarana Dan Prasarana

Sumber daya alam, sarana dan prasarana yang merupakan potensi yang dimiliki oleh Desa Gempol adalah :

  1. Rumah Bides
  2. Sekolah
  3. Tempat peribadatan
  4. Tanas Kas desa
  5. Jalan Kabupaten
  6. Lumbung Desa

*Potensi Ekonomi Desa

  1. Pertokoan

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Aparatur Desa

Back Next